5 Hal Yang di Nilai HRD Suatu Kantor atau Perusahaan dengan Melihat Keseharian Media Sosial Anda

Jennisuharyanto.wordpress.com – News Articles – Media sosial bisa jadi penilaian bagi pihak HRD perusahaan  Kehidupan seseorang biasanya tidak jauh dengan isi sosial medianya, kemana dia pergi, apa yang dia lakukan, apa yang didengarkan, apa yang ditonton, semuanya tersedia di sosial media.

Jadi tidak sulit untuk mengetahui bagaimana karakter seseorang melalui sosial medianya. Media sosial memang dapat menggambarkan diri seseorang. Seperti dilansir laman Boldsky, para peneliti sepakat bahwa sosial media adalah salah satu indikator yang jelas dari kepribadian seseorang. Hal tersebut karena tempat tersebut adalah tempat dimana seseorang menghubungkan kehidupan sosialnya dengan kehidupan pribadi.

media sosial

Jadi jangan heran jika bagian Human Resource Development (HRD) dari sebuah perusahaan acap kali memperhatikan gerak gerik dan tingkah laku calon karyawannya di media sosial sebagai salah satu pertimbangan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dinilai oleh HRD dari media sosial Anda.

1. Kemampuan dalam bersosialisasi

Kemampuan bersosialisasi seseorang bisa dilihat dari jumlah teman ataupun follower, selain itu beberapa sering seseorang bercakap-cakap di sosial media. Apabila isi dari media sosial tersebut hanya komentar Anda sendiri dan tidak ada tanggapan dari orang lain, maka HRD bisa menyimpulkan bahwa kamu kurang dalam bersosialisasi. Selain itu apabila Anda sering kali share di sosial media dan tidak pernah bersosialisasi dalam kehidupan nyata, maka HRD kemungkinan akan ragu untuk menerima kamu, alasannya orang tersebut tidak bisa lepas dari media sosial dan selalu ingin jadi perhatian dan mementingkan dirinya sendiri.

2. Kesantunan

Kalau dulu kita mengenal “mulutmu harimaumu”, maka dengan adanya sosial media maka “postinganmu harimaumu”. Pihak HRD akan memperhatikan setiap postingan di sosial media untuk menilai bahasa yang digunakan, apabila sering berkata kasar, maka kemungkinan Anda akan dianggap tidak memiliki sopan santun.

3. Hubungan profesional

Selain ini melalui media sosial, pihak HRD juga akan memperhatikan orang yang terkait dengan Anda. Makin banyak orang yang dikenal secara profesional, makin banyak nilai kamu di mata HRD, karena dengan begitu Anda akan dianggap orang yang bisa menjaring koneksi.

Selain itu sebuah studi yang dilakukan Oxford University mendapati bahwa orang yang memiliki banyak teman akan memiliki koneksi otak yang lebih baik daripada orang yang hanya memiliki satu-dua teman saja.

4. Tingkat Optimisme

Teman kamu di media sosial mungkin akan menganggap status kamu sangat alay, namun HRD bisa menilainya lebih dari itu. Kamu bahkan bisa dianggap sebagai calon karyawan yang tidak optimis apabila sering nulis status galau.

5. Kehidupan diluar pekerjaan

Malalui sejumlah foto yang kamu upload di media sosial, pihak HRD akan mengetahui keseharian kamu di luar kantor. Apabla terlalu sering posting foto saat party atau clubbing, maka HRD bisa berfikir dua kali untuk menerima kamu, hal tersebut karena mereka takut kalau aktivitas kamu justru akan mengganggu pekerjaan nantinya.

Wah bahaya juga ya media sosial itu, jadi barhati-hatilah dalam posting di sosial media, jangan sampai orang lain bisa menebak kepribadian kamu di media sosial.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s